Skip to main content
Suasana proses SDIDTK oleh mahasiswi Akbid Paramata

Palaksanaan SDIDTK oleh Mahasiswi Praktik Asuhan Kebidanan Komunitas Akbid Paramata

Mahasiswi Akbid Paramata Raha yang melaksanakan Praktik Asuhan Kebidanan Komunitas di Desa Wakorambu Kecamatan Batalaiworu mengadakan pemeriksaan Stimulasi, Deteksi, Intervensi Dini Tumnuh Kembang (SDIDTK) serta Penyuluhan Imunisasi Balita bertempat di Balai Desa Wakorambu pada Selasa (29/01/2019).

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua TP PKK Kabupaten Muna yang diwakili oleh Ketua Pokja IV dr. Hj. Aswati, M.Kes, Sekretaris Kecamatan Batalaiworu, Kepala Desa Wakorambu, Ketua Yayasan Pendidikan Sowite, Direktur Akbid Paramata Raha serta dihadiri oleh  Kepala Puskesmas Batalaiworu, Bidan-bidan Puskesmas Batalaiworu, Kader, Orang tua balita beserta balitanya. Selanjutnya dilakukan pemaparan materi tentang pentingnya SDIDTK oleh Direktur Akbid Paramata, Rosminah Mansyarif, S.Si.T., M.Kes.

Pada kegiatan ini, seluruh balita yang ada di Desa Wakorambu dilakukan pemeriksaan SDIDTK secara menyeluruh. apabila didapatkan kelainan pada tumbuh kembang balita, maka segera dilakukan intervensi, berupa stimulasi. Hal ini juga disampaiakn pada orang tua balita untuk memebrikan stimulasi yang sesuai pada balitanya sesuai usia dan tahap perkembangannya.

"Bukan hanya pertumbuhan balita yang meliputi pertambahan berat dan tinggi balita, tetapi perkembangan motorik, sosial dan bahasa balita harus diketahui untuk mencegah terjadinya kelainan, namun jika ditemukan keterlambatan perkembangan balita, segera lakukan stimulasi yang sesuai untuk mencapai generasi yang sehat dan cerdas" kata Rosminah di sela-sela pemaparan materinya. (Mario*)

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.